Tips Mengatasi Mabuk Saat Naik Kereta Api

Melakukan perjalanan jauh memang tidak akan terlepas dari masalah mabuk perjalanan. Mulai dari mabuk perjalanan dengan bus, kapal laut, maupun kereta. Jika anda memilih kereta api sebagai alat transportasi perjalanan anda, maka tips mengatasi mabuk saat naik kereta api berikut bisa anda lakukan agar perjalanan kian nyaman dan menyenangkan. Apa sajakah hal yang dapat anda lakukan? Anda dapat menyimaknya pada penjelasan berikut ini.

Ada beberapa tips yang bisa anda coba untuk mengatasi mabuk saat naik kereta api, misalnya:

Tips Atasi Mabuk Perjalanan

1. Makan sebelum berangkat perjalanan

Hal pertama yang dapat anda lakukan agar anda tidak mabuk perjalanan saat naik kereta ialah anda harus makan sebelumĀ  berangkat. Atau, dengan kata lain jangan biarkan perut anda kosong. Keadaan perut yang kosong saat perjalanan yang lama tentu akan memicu produksi asam lambung yang berlebih. Akibatnya ialah anda merasa mual atau ingin muntah saat perjalanan naik kereta.

Namun, jika anda makan, maka produksi asam lambung yang banyak tentu akan berguna untuk mencerna makanan yang telah anda makan sehingga anda tidak akan merasa mual.Disamping itu makanan akan memberikan anda energi yang diperlukan selama perjalanan. Badan bugar, tenaga kuat dan terhindar dari mabuk. satu kombinasi yang sangat baik.

2. Memilih makanan dan minuman yang tepat

Sebelum berangkat, memang, anda disarankan untuk makan. Akan tetapi, pemilihan makanan yang akan dikonsumsi pun harus benar sebab memakan makanan yang salah sebelum melakukan perjalanan dengan kereta api akan membuat anda mabuk saat perjalanan. Sebaiknya, makanan atau minuman yang harus anda konsumsi sebelum perjalanan ialah air jahe yang dapat mengurangi rasa mual. Pilihan lain adalah teh hangat. Kemudian, ketika anda sudah merasa mual di perjalanan, maka jangan sampai mengkonsumsi makanan yang pedas, berminyak, bersantan, atau pun susu. Hal tersebut disebabkan karena makanan atau minuman tersebut akan membuat rasa mual anda makin parah.

3. Tidur saat perjalanan

Kemudian, tips selanjutnya untuk mengatasi mabuk saat naik kereta api ialah dengan tidur selama perjalanan. Hal yang satu ini merupakan hal yang paling umum dilakukan orang agar mereka tidak terkena mabuk. Pada beberapa kasus, tidur dalam kereta suatu hal yang susah. Apalagi saat naik kereta pada siang hari, banyak orang menjadikan tidur satu kegiatan yang sulit dilakukan. Anda bisa siasati dengan pada malam hari sebelumnya tidur agak larut. Lebih malam dari biasanya, sehingga pada siangĀ  hari rasa kantukpun datang. Anda bisa nyenyak tidur selama di perjalanan.

4. Mengkonsumsi obat anti mabuk perjalanan

Ada pula lainnya ialah mengkonsumsi obat anti mabuk perjalanan. Konsumsi obat ini sangat dianjutkan bagi orang yang rentan mabuk. Obat mabuk perjalanan ini sebenarnya obat tidur yang akan membuat anda mengantuk dan tidur selama perjalanan.

5. Duduk menghadap ke depan

Jika anda naik kereta api, agar anda tidak mabuk saat perjalanan, maka posisi duduk anda haruslah benar. Dalam hal ini, sebaiknya anda duduk menghadap ke depan, jangan ke belakang agar anda tidak merasa pusing lalu mual.Perhatikan juga pemandangan diluar lewat jendela. Pastikan jarak pandang anda adalah pada titik terjauh. Jangan lihat pemandangan di dekat kereta. Karena bila ini dilakukan sementara kereta berjalan dengan cepat. Mata anda akan lelah dan kepala bisa pusing. Akibatnya malah anda mabuk, atau bila telah mabuk menjadi semakin parah.

Itulah beberapa tips mengatasi mabuk saat naik kereta api yang dapat anda lakukan. Dengan tips tersebut,semoga perjalanan anda semakin menyenangkan.

Postingan Yang Menarik Lainnya :

Leave a Reply