Tips Aman Saat Berada di Stasiun Kereta Api

Bagi mahasiswa perantau, stasiun kereta api sudah seperti pangkalan angkot. Setiap kali ada hari-hari kosong kuliah, para mahasiswa langsung membeli tiket kereta pulang. Dan kebanyakan buru-buru menuju stasiun supaya kebagian tempat menunggu. Setelah itu langsung fokus memainkan gadget sembari menunggu kereta datang. Akibatnya barang-barang bawaan tidak mendapat perhatian yang cukup.

Sehingga oknum yang tidak bertanggung jawab bisa saja memanfaatkan kesempatan ini. Orang jahat biasanya menargetkan mahasiswa, atau perantau. Kenapa ? karena grup ini bisa dibilang sasaran empuk. Disamping lengah,bawaan banyak, baik barang maupun uang, mereka juga terlihat menonjol dari penumpang lain.

Berikut tips-tips untuk anda, mahasiswa, agar aman dan nyaman ketika berada di stasiun kereta api.

 

Tips di Stasiun Kereta Api Untuk Mahasiswa Perantau Agar Terhindar Dari Kejahatan

  1. Usahan tidak memakai perhiasan yang berlebihan

Perhiasan, apalagi emas yang modelnya terlalu mencolok, bagaikan magnet diantara paku-paku tajam. Usahakan untuk tampil biasa saja, sederhana. Jika memang memiliki perhiasan yang harganya tidak murah, lebih baik disimpan dulu. Memang terlihat keren jika dipakai, tapi pasti sedih jika perhiasan tersebut dijambret orang.

  1. Jangan memperlihatkan kebingungan

Orang-orang yang berniat jahat biasanya memperhatikan mangsanya terlebih dahulu. Mereka cenderung memilih korban yang terlihat sedang lengah atau sedang kebingungan. Situasi lengah anda akan dimanfaatkan sebaik mungkin oleh mereka untuk merampok barang-barang bawaan anda. Untuk itu, jangan sampai dating ke stasiun dengan wajah bingung. Jika ada yang tidak dimengerti, lebih baik langsung ditanyakan ke satpam atau layanan pelanggan.

  1. Jangan terpancing obrolan

Tips berada di stasiun kereta api yang satu ini yang paling sering terjadi. Biasanya, di stasiun ketika menunggu kereta atau didalam kereta, banyak orang asing yang mengajak ngobrol. Karena takut dianggap sombong, mahasiswa meladeni saja dan tidak sadar sudah banyak informasi yang terucap. Dianjurkan agar mahasiswa lebih berhati-hati dan tidak semua informasi diberikan kepada orang asing itu.

Mengapa sih mahasiswa perlu waspada? Yang jelas, bukan hanya mahasiswa, tips-tips berada di stasiun kereta api ini sebenarnya bisa diterapkan untuk orang-orang pada umumnya. Banyak yang suka merasa aman ketika stasiun ramai, justru keadaan yang ramai adalah favorit para oknum untuk beraksi, karena aksinya jadi susah diawasi. Tips-tips ini ditujukan untuk semua orang agar lebih berhati-hati lagi ketika berada di stasiun kereta api.

Bagaimana? Setelah mengetahui tips-tips ini, apakah anda sudah menjadi lebih waspada terhadap keadaan di sekitar anda ketika berada di stasiun? Karena pada dasarnya, kejahatan itu terjadi ketika ada kesempatan. Untuk itu, sebagai mahasiswa, anda perlu menjadi cermat, mengamati situasi. Pintar-pintarlah membaca gerak-gerik orang. Lindungi diri dan barang bawaan anda agar aman sampai ke rumah, tempat tujuan awal anda. Selamat berlibur! Semoga tips aman saat berada di stasiun ini bermanfaat untuk anda.

Share

Postingan Yang Menarik Lainnya :

Leave a Reply