Rute Populer Kereta Api

Kereta api sebagai salah satu alat transportasi darat paling populer saat ini. Tidak heran, karena alat transportasi ini banyak dipilih sebab dianggap punya keuntungan lebih. Seperti lebih cepat tanpa harus menghadapi kemacetan sepanjang jalan. Dengan populernya kereta api, ada beberapa rute yang sering sekali menjadi pilihan para penumpang. Ini dipengaruhi oleh banyaknya penduduk kota, harga tiket kereta api, maupun jenis pilihan gerbong kereta api yang ada. Rute mana sajakah itu? Lalu, kenapa rute tersebut menjadi rute populer? Berikut informasinya untuk anda :

Ada beberapa rute populer kereta api Indonesia yang harus anda ketahui sebagai berikut.Utamanya adalah jalur ibukota dengan kota-kota di bagian timur jawa yang terkenal dengan para perantuaunya. Mereka gunakan jalur kereta untuk mudik lebaran atau sekedar liburan menuju kampung halaman menemui keluarga.

1. Rute Jakarta – Solo

Rute yang pertama ialah rute Jakarta – Solo. Rute ini populer sebab banyaknya pelajar yang menuntut ilmu di kota Solo, salah satu kota yang mempunyai beberapa perguruan tinggi favorit. Alasan mengapa banyak pelajar yang memilih kota Solo sebagai destinasi belajar dikarenakan oleh cukup terjangkaunya biaya hidup di sana. Maka, tidak heran jika rute Jakarta – Solo menjadi salah satu rute yang populer dengan harga tiket kereta api sekitar Rp 495.000,-.

2. Rute Solo – Jakarta

Rute kedua yang paling populer adalah rute kereta api dari kota Solo ke kota Jakarta. Selain karena banyaknya pelajar dari Jakarta yang belajar di kota Solo, sebaliknya, banyak pekerja di Jakarta yang berasal dari Solo. Dengan harga tiket kereta sekitar Rp 380.000,-, banyak orang yang memilih rute Solo – Jakarta ini.

3. Rute Jakarta – Yogyakarta

Rute lain yang populer ialah rute kereta api dari Jakarta ke Yogyakarta. Banyaknya pelajar yang berasal dari Jakarta dan juga pekerja dari Jakarta di kota Gudeg ini membuat banyak orang membutuhkan tiket kereta rute Jakarta – Yogyakarta. Harga tiket rute kereta ini sekitar Rp 320.000,-.

4. Rute Yogyakarta – Jakarta

Rute kereta api Yogyakarta – Jakarta menjadi rute populer selanjutnya. Hampir sama seperti rute Jakarta – Yogyakarta, banyaknya pekerja dan pelajar dari Yogyakarta yang bekerja dan belajar di Jakarta menjadi alasan utama mengapa rute ini populer. Harga tiket yang ditawarkan yaitu sekitar Rp 310.000,-.

5. Rute Jakarta – Purwokerto

Selain Jakarta – Yogyakarta, rute Jakarta – Purwokerto merupakan rute kereta api populer lainnya. Banyaknya pelajar dari kota Jakarta dan pekerja dari Purwokerto yang bekerja di Jakarta membuat rute kereta ini populer. Para penumpang rute kereta ini harus membayar harga tiket sebesar Rp 195.000,- saja.

6. Rute Bandung – Jakarta

Selain enam rute di atas, rute lain yang populer adalah rute Bandung – Jakarta. Hanya dengan membayar Rp 70.000,-, orang dari Bandung yang bekerja di Jakarta dapat sampai ke kota tujuan.

Dari penjelasan di atas, ada 6 rute populer kereta api di Indonesia. Rute tersebut populer karena banyaknya orang yang menuntut ilmu atau bekerja sebagai perantau di kota tujuan.

Share

Postingan Yang Menarik Lainnya :

Leave a Reply