Cara Tepat dan Akurat Agar Tidak Telat Naik Kereta Api

Cara Tepat dan Akurat Agar Tidak Telat Naik Kereta ApiDulu, kereta api Indonesia sering telat. Ketelatannya sering kali mencapai angka dua atau tiga jam delay. Namun, seiring berkembangnya teknologi mesin kereta api, dan pembaharuan sistem keberangkatan dan keamanan di stasiun, jadwal kereta sudah sering tepat waktu. Para penumpang diminta untuk datang satu jam lebih awal agar tidak telat naik kereta api. Namun, masih saja ada penumpang yang tertinggal kereta, lalu marah-marah karena keretanya tidak mau menunggu.

Jika sudah begitu, tidak ada pihak yang mau disalahkan, kan? Baik dari pihak stasiun dan penumpang semuanya merasa benar. Berikut adalah hal-hal yang bisa anda lakukan agar anda bisa terhindar dari masalah ketinggalan kereta.

  1. Selalu datang satu jam lebih awal

Alasan kenapa pihak stasiun selalu meminta penumpang untuk berusaha datang satu jam lebih awal adalah untuk menghindari missinformasi. Maksudnya jika kereta yang anda akan naiki jadwalnya dimajukan atau diundur, informasi yang biasanya disampaikan lewat pengeras suara dan LCD TV tersebut bisa tersampaikan. Bayangkan jika anda belum datang, namun keretanya dimajukan setengah jam lebih awal?

  1. Siapkan barang bawaan anda semalam sebelum keberangkatan

Jika anda orang yang terorganisir, buatlah catatan berisi barang-barang yang akan anda bawa. Kemudian, malam sebelum keberangkatan, barang-barang tersebut dicari dan diletakkan didalam koper, esok harinya agar tidak telat naik kereta api, anda sudah siap dengan koper anda, tidak perlu khawatir ada barang yang tertinggal.

Pada dasarnya, dua poin tersebut adalah dua poin terpenting yang bisa menghindari anda dari bencana tertinggal kereta api. Yang jelas, anda perlu packing satu malam sebelum keberangkatan dan datang satu jam lebih awal. Itu saja sudah mampu membuat anda nyaman dan tidak merasa terburu-buru. Lebih baik mana, menunggu atau ditinggal? Lebih baik menunggu, bukan? Nah, jika anda terlanjur tertinggal kereta, apa sih kerugiannya? Berikut adalah kerugaian-kerugian yang akan anda dapatkan ketika anda tidak mengikuti tips agar tidak telat naik kereta api ini.

  1. Kerugian pada waktu

Waktu itu sangat bernilai, dan penting. Ketika anda telat, maka waktu anda terbuang sia-sia. Ketika jam 8 malam seharusnya sudah berada di rumah, karena ketelatan anda, jam 8 malam masih mondar-mandir di stasiun asal, kebingungan.

  1. Kerugian finansial

Harga tiket kereta api memang relatif. Artinya mahal atau murah, itu tergantung pada finansial si pemilik uang. Tapi, besar atau sedikitnya jumlah uang untuk membeli tiket akan hangus ketika anda tertinggal. Oleh karena itu akan sangat disayangkan.

  1. Terbebani dengan rasa kesal dan menyesal

Penumpang yang ketinggalan kereta umumnya langsung marah-marah terhadap petugas. Menyalahkan pihak stasiun kenapa tidak menyuruh keretanya untuk menunggu si penumpang telat ini, padahal memang kereta sudah punya jadwal keberangkatan sendiri. Untuk itu, agar tidak telat naik kereta api, datang lebih awal ke stasiun kereta.

 

Share

Postingan Yang Menarik Lainnya :

Leave a Reply