Cara Mengganti Nama Penumpang Tiket Kereta Api

Tak jarang orang yang menanyakan mengenai bagaimana cara untuk mengganti nama penumpang tiket kereta api. Dulu mungkin anda bisa menggunakan tiket teman anda yang membatalkan diri untuk melakukan perjalanan. Namun saat ini rasanya hal tersebut tidak akan mungkin dipraktekan lagi, karena nama yang tertera pada tiket harus sesuai dengan nama yang ada di identitas diri calon penumpang. Jika nama tidak sesuai tentu tiket yang kita pegang akan dianggap tidak sah atau hangus. Jadi mengganti nama penumpang dengan penumpang lain tentu tidak bisa dilakukan, namun bagaimana dengan mengganti nama anda yang salah?

Jika untuk mengubah nama anda sendiri di tiket yang tidak sesuai dengan nama anda pada kartu identitas, misalkan nama anda pada kartu identitas adalah Wulan, namun pada karena kesalahan saat mengetik atau apa nama anda di tiket menjadi Ulan, maka ada kemungkinan bahwa anda bisa mangajukan perubahan nama agar sesuai dengan identitas. Bagimana cara mengganti nama penumpang tiket kereta api tersebut?

  1. Jika nama yang tertera pada tiket anda tidak sesuai dengan nama pada kartu identitas anda, anda bisa mengajukan perubahan nama maksimal 2 jam sebelum waktu keberangkatan. Misalnya, kereta anda berangkat pukul 10.00, maka sebelum pukul 08.00 pada hari keberangkatan, anda harus mengajukan permohonan penggantian nama.

  2. Datanglah ke loket reservasi atau loket tiket yang ada di stasiun untuk mengubah nama anda. Jangan lupa untuk menunjukan kartu identitas asli anda yang masih berlaku. Kartu identitas yang dipakai boleh jadi KTP, SIM maupun paspor.

  3. Jika anda ingin mengubah nama tiket tepat di hari keberangkatan, usahakan untuk datang lebih awal agar tiket anda tidak hangus terlebih dulu.

Namun, jika anda berniat untuk melakukan perubahan nama atas nama tiket orang lain, hal tersebut tentu saja tidak bisa dilakukan karena peraturan yang saat ini berlaku. Daripada pusing-pusing memikirkan cara untuk mengganti nama penumpang tiket kereta api anda dengan orang lain atau sebaliknya, tentu akan lebih baik melakukan pembatalan saja jika untuk berbagai alasan anda tidak bisa menggunakan tiket tersebut. Cara untuk membatalkan tiket kereta api bisa dilakukan dengan cara berikut ini.

  1. Calon penumpang yang akan membatalkan tiketnya datang ke stasiun yang melayani pembatalan tiket sekurang-kurangnya 30 menit sebelum waktu keberangkatan kereta api yang akan di cancel tersebut.

  2. Isi formulir pembatalan sesuai dengan kolom-kolom yang dibutuhkan dan simpan formulir tersebut sebagai bukti pengambilan pengembalian uang.

Untuk dapat mendapatkan uang pembatalan tersebut, anda harus menunggu setidaknya 30 hari sejang tanggal pembatalan tiket. Jadi, bagi anda yang berniat mengganti nama penumpang tiket kereta api, hal-hal tersebut bisa menjadi alternatif lain.

Postingan Yang Menarik Lainnya :

  • No Related Posts

Leave a Reply