Cara Mencetak Tiket Kereta Api

mesin cetak tiket kereta mandiri (Mesin CTM)

Dewasa ini, pihak perkereta apian Indonesia nampaknya tengah terus berbenah untuk dapat memberikan pelayanan terbaik bagi para pengguna jasa kereta api. Salah satu hal baru yang bisa anda nikmati saat ini adalah mencetak tiket anda sendiri dengan mesin cetak tiket mandiri. Mesin cetak ini tentu akan memberikan kemudahan bagi konsumen dalam mendapatkan tiket kereta yang dibutuhkan.

Mencetak tiket pun tidak lagi harus mengular panjang di antrian karena anda bisa memesan tiket jauh-jauh hari dan tiket fisiknya bisa anda cetak sendiri dengan menggunakan mesin CTM ini. Lalu, bagaimana cara mencetak tiket kereta api dengan menggunakan mesin cetak tersebut?

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah memesan tiket terlebih dahulu melalui beberapa alternatif pembelian seperti lewat internet, minimarket atau telpon ke 021121 dan lain sebagainya. Setelah memesan dan membayar, anda akan mendapatkan kode booking dan juga kode pembayaran yang nantinya akan digunakan saat mencetak tiket kereta api anda di mesin cetak tiket mandiri. Setelah mendapatkan kode booking dan kode pembayaran, anda pun bisa mencetak tiket kereta api tersebut dengan langkah-langkah mudah sebagai berikut.

  1. Datang ke mesin CTM

Tentu anda harus menemukan mesin CTM terdekat baik di stasiun kereta ataupun tempat lainnya yang menyediakan mesin CTM tersebut.

  1. Masukan nomor kode booking dan data diri lainnya

Setelah menemukan mesin CTM untuk mencetak tiket kereta api anda, anda akan melihat kolom isian kode booking/pembayaran pada layar mesin tersebut. Masukan nomor kode booking atau nomor kode pembayaran anda yang biasanya tertera pada bukti transfer pembayaran. Misalnya, jika nomor bayar anda yang tertera di bukti transfer pembayaran adalah 9992115713506, maka masukan kode tersebut pada kolom kode booking/pembayaran. Jangan lupa juga untuk memasukan nomor telepon atau nomor kartu identitas anda (sesuai dengan saat pemesanan) pada kolom No. ID/Telp di mesin cetak tiket mandiri tersebut.

  1. Mencari tiket yang telah dipesan untuk dicetak

Jika kode yang kita masukan sudah benar, klik cari dan di dalam layar akan terpampang informasi mengenai informasi data penumpang meliputi nama pemesan, tanggal perjalanan, nama dan nomor kereta api dan lain sebagainya, yang selanjutnya dapat di cetak.

  1. Mencetak tiket

Jika informasi yang tersedia telah sesuai klik cetak dan tiket anda pun akan tersedia di mesin cetak hanya dalam hitungan detik saja.

Setelah selesai mencetak tiket kereta api anda, anda bisa memasukan struk anda pada kotak yang telah disediakan di mesin cetak tiket mandiri tersebut dan kemudian proses mencetak tiket kereta api secara mandiri ini pun telah selesai. Bagaimana, cukup mudah bukan? Jika terjadi masalah, anda bisa menghubungi petugas atau customer service.

Perlu diingat kalau hasil cetak tiket ini berupa tiket masuk menuju stasiun. Jadi pastikan semuanya sudah disiapkan dari mulai tiket itu sendiri ditambah kartu identitas anda. Ini bisa berupa KTP,Paspor, SIM, Kartu Pelajar serta kartu tanda pengenal lainnya yang mencantumkan nama dan data diri anda. Bila anda tidak bawa ini dan atau data tidak sesuai dengan tiket yang telah dicetak berakibat anda bis ditolak masuk ke Stasiun Kereta.

 

Share

Postingan Yang Menarik Lainnya :

No Responses

Leave a Reply