Cara Cetak Boarding Pass Tiket Kereta Api dan Check In di Stasiun Kereta

Kini PT Kereta Api Indonesia hadirkan inovasi terbaru yaitu dengan adanya boarding pass dan check-in di stasiun. Hal yang lazim terjadi pada saat anda naik pesawat. Cara cetak tiket dan mendapatkan boarding pass ini tergolong mudah. Karena sudah disediakan mesinnya secara otomatis.

Naik kereta api kini kian mudah dan nyaman. Layanan yang semakin membaik seperti tidak adanya pedagang asongan. Pengamen yang tidak boleh lagi masuk gerbong kereta. Sampai kepada penambahan pramugari kereta yang berikan layanan seperti naik pesawat terbang.

Kapan Waktunya Cetak Boarding Pass dan Check In ?

Pastikan anda melakukan boarding 12 jam sampai dengan 10 menit sebelum pemberangkatan. Diluar waktu ini akan akan tidak bisa mencetak tiketnya menjadi boarding pass.

Pemberlakuan sistem Check-In dan Boarding Pas telah diberlakukan di stasiun-stasiun di kota besar Indonesia. Seperti Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta, Daop 2 Bandung, Daop 5 Purwokerto, Daop 6 Yogyakarta, dan Daop 7 Madiun. Kota-kota lainnya akan segera menyusul.

Sekarang, bagaimanakah cara Check-In dan dapatkan Boarding Pass yang mesti dilakukan agar anda bisa naik kereta api dengan benar serta bisa masuk ke area stasiun kereta dengan syah ?

1. Datangi Mesin Boarding Pass di Stasiun Kereta.

Tiket kereta api sudah anda beli ? kini saatnya melakukan check-in dengan memasukkan kode booking yang tertera pada tiket kereta atau transaksi pembelian tiket. Kode booking bisa juga didapatkan pada email ketika anda beli tiket kereta api secara online di internet. Saat anda masukkan kode booking, mesin akan mengeluarkan data diri anda dan data rencanan perjalanan. Cek dan teliti baik-baik. Apa semua sudah benar dan sesuai saat pembelian  tiket ?

boarding pass itu sendiri mencantumkan nama dan ID penumpang, kode booking, dan nama KA beserta tujuan dan jadwal keberangkatan.

2. Boarding Pass sudah ditangan ?

Dengan bermodal boarding pass saja anda belum bisa berangkat naik kereta. Ada dokumen lain yang perlu dilengkapi. Yaitu kartu identitas diri. Seperti KTP,SIM,Paspor dan Kartu Pelajar. Bisa juga kartu lain yang tertera nama dan data diri anda dengan benar. Serta sesuai dengan data yang ada di Boarding pass. Ingat : Data harus sama, jika tidak anda tidak akan diijinkan masuk ke area stasiun. Jadi di gerbang stasiun serahkan boarding pass dengan kartu identitas kepada petugas. Dia akan memeriksa secara detail apa semuanya benar. Jika telah selesai diperiksa, anda baru boleh masuk ke area stasiun dan menuju spoor pemberangkatan kereta  api.

3. Lalu, Apa lagi?.

Setelah berada di area pemberangkatan kereta api, anda tinggal duduk manis menuggu kereta yang mau datang. Jika kereta datang dan sudah diperbolehkan masuk, anda bisa naik ke kereta apinya. Jadi usahakan dengar dengan seksama pengumuman petugas di stasiun akan kereta api  yang anda akan naiki. Di Peron juga biasanya ada petugas Pt KAI akan akan memandu anda naik kereta api.

4. Masuk ke dalam kereta api.

Naik ke kereta api sudah anda lakukan ? Kini saatnya cari tempat duduk yang sesuai dengan boarding pass anda. Setiap gerbong dan kursi punya nomor sendiri jadi pastikan data yang ada di boarding pass anda ketahui. Cocokan dengan nomor gerbong dan kursi yang anda telah pesan.

5. Simpan boarding pass

Setelah anda dapatkan kursi yang sesuai dengan boarding pass, jangan buang dia. Simpan baik-baik. Karena ini akan dibutuhkan saat ada pemeriksaan oleh petugas kereta api.

Bagi anda yang  membeli tiket go show juga tetap harus melakukan check-in pada mesin check in mandiri untuk mencetak boarding pass. Setelah berhasil mencetak boarding pass,anda harus mengikuti petunjuk seperti yang tertera pada langkah-langkah diatas.

Stasiun-stasiun yang telah menerapkan sistem check in, mesin cetak tiket mandiri sudah tak tersedia. Sementara, stasiun-stasiun yang belum menerapkan sistem check-in, sistem cetak tiket fisik  tetap dilakukan via mesin Cetak Tiket Mandiri. Lihat disini Untuk mengetahui cara cetak tiket Mandiri

Postingan Yang Menarik Lainnya :

No Responses

Leave a Reply