5 Tips Naik Kereta Api Untuk Mudik Lebaran Idul Fitri 2017

Lebaran Idul Fitri merupakan hari raya bagi seluruh umat muslim di dunia, termasuk di Indonesia. Di Indonesia, libur lebaran ini berbeda dengan tempat-tempat lainnya di dunia. Apa yang membedakan Indonesia dengan Negara-negara lain? Mudik! Benar sekali. Pada umumnya para pemudik memilih kereta api sebagai sarana mudik. Untuk itu, tips-tips naik kereta api sangat penting sekali untuk dibaca, karena naik kereta api saat musim mudik lebaran tidaklah senyaman naik kereta api dihari-hari biasanya.

Gerbong kereta akan sesak dipenuhi tas-tas dan koper-koper besar yang sangat memakan tempat. Apalagi jika keretanya adalah kereta kelas ekonomi. sudah sempit, satu kursi diisi tiga orang, bahkan kadang ada yang memaksa sampai lima orang. Berikut akan dibahas tips naik kereta api untuk mudik lebaran idul fitri, agar pemudik-pemudik sekalian bisa mempersiapkannya dari jauh hari, jadi prosesnya akan lebih mudah. berikut ini tipsnya. Mari kita cermati.

1. Tahap perencanaan

Sebelum anda mudik, coba direncanakan terlebih dahulu apakah anda akan menggunakan kereta api kelas ekonomi, bisnis atau eksekutif. Sehingga, jumlah biaya kereta api bisa diperkirakan dan persiapan dengan jelas. Selain itu, penting juga untuk menentukan kota tujuan mudik.

2. Booking tiket

Tiket kereta api di Indonesia bisa dipesan sampai 90 hari sebelum keberangkatan. Alangkah lebih baiknya anda memesan tiket dari jauh-jauh hari. Demi menghindari antrean yang panjang. Dan masalah tiket habis karena sudah didahului para pemudik lain yang lebih cepat dibandingkan anda. Tidak mau kan menyesal pada akhirnya? Untuk itu pesanlah tiket sebulan sebelum keberangkatan.

3. Bawa barang seperlunya saja

Tips naik kereta api untuk pemudik yang selanjutnya ini menyangkut masalah barang bawaan. Di musim mudik, gerbong kereta pasti disesaki bukan oleh manusia saja, tapi juga barang-barang bawaannya. Satu orang bisa membawa sampai tiga atau lima koper sekaligus. Sebenarnya, hal ini harus dihindari. Karena selain membuat orang lain tidak nyaman, anda juga akan kesusahan sendiri.

4.Simpan barang dalam jangkauan anda

Bil kereta penuh terisi penumpang, tempat penyimpanan barang juga akan penuh. Orang cenderung akan menaruh barang di tempat yang kosong. Ini satu langkah yang bagus. namun begitu usahakan tempat ini masih dalam jangkauan anda. baik terlihat secara kasat mata maupun dalam jangkauan tangan. Kenapa ? Karena barang bisa saja tertukar, terbawa secara tak sengaja atau bahkan diambil orang yang jahat. Ini tentu tidak anda harapkan. Oleh karena itu perhatikan sekali tempat barang anda disimpang di dalam gerbong kereta.

5. Sampai di stasiun satu jam sebelum jadwal

Lebih baik menunggu kereta yang belum datang, dan memeriksa barang-barang bawaan dan tiket supaya tidak ada yang tertinggal. Usahakan jangan sampai telat, karena stasiun saat libur lebaran pasti penuh sekali.

Umat muslim di Indonesia, terutama yang merantau jauh dari tanah kelahirannya, akan melakukan mudik, kembali ke rumah orang tua dan berkumpul bersama keluarga besar, dan saling memaafkan serta menyambung kembali tali silaturahmi dalam keluarga. Agar semuanya lancar dan aman, anda sebagai pemudik, lebih baik mencermati, dan akan lebih baik lagi kalau diaplikasikan, karena tips naik kereta api diatas sifatnya penting. Demi keselamatan dan kenyamanan perjalanan mudik anda dengan media transportasi kereta api.

Share

Postingan Yang Menarik Lainnya :

Leave a Reply