Tugas Pramugari Kereta Api

Apa Saja Tugas Pramugari Kereta Api?

pramugari-kereta-apiPramugari pasalnya tidak hanya berada pada maskapai pesawat terbang saja, melainkan pada kereta api dan kapal laut. Mengemban tugas yang hampir sama meskipun berbeda alat transportasi, membuat para pramugari harus cekatan dalam melayani penumpangnya. Tugas pramugari kereta api tentu saja adalah membuat penumpangnya merasa nyaman dengan pelayanan kereta yang ditumpanginya ketika bepergian.

Tak hanya di Indonesia saja, bahkan di Negara seperti China, pramugari kereta api dilatih dengan serius dan tak kalah piawai dari pramugari pesawat. Memang, menurut beberapa pengalaman dari pramugari kereta api, pekerjaan ini cukup menyita waktu karena keharusan berangkat, dan bahkan pulang hingga mentari terbit kembali membuat waktu tersita lebih banyak dari pada pekerjaan pada umumnya.

Otomatis, waktu menjadi sangat berharga jika anda ingin menekuni pekerjaan ini. Waktu untuk bersosialisasi dengan teman pun menjadi berkurang intensitasnya. Syarat yang harus ditempuh jika anda berminat untuk melamar pekarjaan ini juga tidaklah rumit, diantaranya adalah mahir berbahasa inggris dengan baik dan benar, dan memiliki jiwa raga yang sehat dan mampu cekatan dalam bekerja.

Tugas pramugari kereta api juga tergolong tidak mudah karena mereka harus tetap tersenyum dan menyapa penumpang, mengarahkan posisi tempat duduk yang sopan kepada penumpang, dan juga menyiapkan serta memberikan selimut kepada penumpang.

Itu adalah contoh dari beberapa tugas pokok dari tugas pramugari kereta api yang nantinya akan diajarkan dan dilatih pada saat di barak. Selain tugas pokok yang disebutkan, tugas lainnya yaitu menawarkan makanan dan minuman kepada penumpang dan menyajikannya, setelah itu seorang pramugari kereta api juga berkewajiban untuk menagih pemesan dan membersihkan bekas makanan dan minuman penumpangnya.

Menurut beberapa pernyataan dari responden yang kami tanyakan, tugas pramugari kereta api yang menjadi kendala adalah jika bertemu dengan penumpang yang berbahasa asing dan kita tidak memahami maksud dari pembicaraannya. Namun menurut beberapa pengalaman dari pramugari kereta api tersebut, hal ini bisa selalu diatasi dengan baik.

Dalam kurun waktu seminggu biasanya para pramugari kereta api ini mendapat tugas perjalanan dua atau tiga kali pergi pulang, mulai dari rute Yogyakarta – Jakarta dan kembali ke Yogyakarta. Beberapa pramugari kereta api juga di tugaskan untuk melayani penumpang kereta wisata. Menjadi seorang pramugari kereta api itu harus mempunyai kesiapan mental dan fisik yang cukup, hal ini akan menjadi terasa ketika mendapatkan complain dari penumpang dalam perjalannya.

tugas pramugari kereta api saat itu adalah harus benar benar sabar menghadapi berbagai jenis karakter penumpang tersebut. Lain dalam hal fisik, seorang pramugari kereta api harus pintar menjaga kesehatan fisik karena pekerjaan ini menguras banyak stamina dan membutuhkan ekstra senyuman.

Postingan Yang Menarik Lainnya :

Leave a Reply