Tiket Kereta Api Stasiun Malang

stasiun malangMencari tiket kereta api ke Malang dengan mudah ? anda bisa temukan harga dan ketersediaan tiket secara real time. Pesan tiket kereta api online menjadikan perjalanan anda hemat waktu dan biaya.

Tapi sebelum anda pesan tiket kereta apinya bisa simak dulu apa dan bagaimana Malang itu. Info kota sejuk dengan sebutan kota Apel bisa menjadi referensi menarik untuk wisata naik kereta.

Malang adalah kota di Jawa Timur yang terkenal dengan buah apelnya Memiliki stasiun yang bernama Stasiun Malang. Info Stasiun Malang, merupakan salah satu stasiun kereta api besar di Indonesia yang berlokasi di Klojen, Kota Malang, Jawa Timur. Terletak pada ketinggian +444 meter di permukaan laut dan merupakan stasiun terbesar yang dimiliki oleh Kota Malang.

Stasiun Malang atau yang biasa disingkat ML ini memiliki dua belas jalur aktif dengan tiga jalur sepur yang lurus. Stasiun Malang dibangun pada tahun 1941 dengan J. van de Eb sebagai arsiteknya. Stasiun Malang ini kadang disebut Stasiun Malang Kotabaru yang membedakannya dengan Stasiun Malang Kotalama yang usianya lebih tua.

Pada awal pembangunannya, Stasiun Malang ini berada di sisi timur bangunan yang berdiri sekarang. Karena sesuai dengan rancangan awal pada baru dibangun, penumpang yang baru turun dari kereta api akan disuguhi pemandangan Gunung Panderman di sebelah barat. Oleh karena bangunan tersebut tidak mampu lagi menampung lonjakan penumpang yang terus meningkat, maka dibuat bangunan baru yang lebih besar disisi barat tempat awal.

Info Stasiun Malang pada bangunan inilah yang sampai saat ini masih terus dipakai hingga sekarang dan bangunan stasiun yang dulu kini bersebelahan dengan Dipo Kereta Lokomotif Malang telah beralih fungsi sebagai kantor dan gudang penyimpanan peralatan perawatan jalur kereta api.

Namun saat ini, lokasi Stasiun Malang sangat strategis kerena letaknya yang tidak jauh dari Alun – Alun Bundar, kompleks SMA Tugu (SMA Negeri 1, SMA Negeri 3, dan SMA Negeri 4 Malang), Gedung DPRD Kota Malang, Balai Kota Malang, Pasar Klojen, Hotel Tugu Inn, dan Markas Kodam V Brawijaya. Info Stasiun Malang yang sampai saat ini melayani beberapa layanan kereta api seperti :

Kelas Eksekutif

      • Gajayana, Tujuan Jakarta

      • Bima, Tujuan Surabaya

Kelas Campuran

      • Malabar, Tujuan Bandung Hall (Eksekutif – Bisnis – Ekonomi)

      • Malioboro Ekspress, Tujuan Yogyakarta (Eksekutif – Ekonomi)

Kelas Ekonomi AC plus

      • Majapahit, Tujuan Jakarta via Semarang

      • Jayabaya, Tujuan Surabaya bersambung Jakarta

Kelas Ekonomi AC

      • Matarmaja, Tujuan Jakarta via Semarang

      • Tawang Alun, Tujuan Malang Kotalama atau Banyuwangi

      • Penataran, Tujuan Surabaya (Gubeng atau Kota) atau Blitar

      • Tumapel (KA Penataran), Tujuan Surabaya

Ada insiden yang terkenal terjadi pada Stasiun Malang ini, yaitu pada tanggal 4 Januari 2011 sekitar pukul 13.15 WIB, penumpang kereta api Gajayana tanpa lokomotif yang sedang parkir di Stasiun Malang ini tiba tiba mundur dan menabrak 3 rumah warga dan menewaskan seorang balita akibat tertimpa reruntuhan rumah.

Informasi Kontak:

  • PT. KERETA API (PERSERO)

  • DAOP VIII SURABAYA

  • STASIUN KOTA BARU MALANG

  • Jl. Trunojoyo No. 10 Malang, Telp: (034) 362208

Di stasiun Malang ini anda bisa beli tiket kereta api, membatalkan tiket kereta api. Atau pada kesempatan lain mengubah nama dan data pada tiket yang sering terjadi kesalahan. Apapun kepentingan anda, mau cari tiket kereta api ke Malang atau sekedar cari informasi, Stasiun Malang siap membantu kelancaran perjalanan naik kereta api anda.

Postingan Yang Menarik Lainnya :

Leave a Reply