Stasiun Semarang Tawang

stasiun-semarang-tawangSemarang yang kita tahu saat ini merupakan Ibu Kota dari Provinsi Jawa Tengah, saat ini memiliki 2 stasiun kereta api yang aktif, yaitu Stasiun Semarang Tawang dan Stasiun Semarang Poncol. Kami akan membahas tentang info Stasiun Semarang Tawang terlebih dahulu karena Stasiun Tawang ini merupakan stasiun induk di Kota Semarang. Lewat stasiun ini anda dapat mengambil beberapa kategori perjalan kereta api, seperti eksekutif, bisnis, maupun ekonomi.

Stasiun Semarang Tawang ini merupakan stasiun besar yang tertua di Indonesia. Konstruksi serta desain bangunannya tidak mengalami banyak perubahan sejak pertama kali di bangun. Seluruh bagian terpenting dalam stasiun ini hamper sama sejak pertama di resmikan.

Lapangan yang sekarang sudah menjadi Polder ini dahulu ada di depan Stasiun Semarang Tawang juga memiliki nilai historis yang tinggi pada zamannya, yaitu sebagai ruang terbuka untuk mengadakan upacara, olah raga, pertandingan, atau kegiatan – kegiatan lainnya di kawasan kota lama. Info Stasiun Semarang Tawang yang saat ini merupakan stasiun pengganti dari Stasiun Tambak Sari milik N.I.S yang pertama.

Pembangunan stasiun pertama ini ditandai dengan upacara pencangkulan tanah oleh Gubernur Jenderal Mr. Baron Sloet van de Beele pada saat itu dan bersamaan dengan dibentuknya system perangkutan kereta api miliki N.I.Smdi tanggal 16 Juni 1864

Tidak banyak perubahan yang terjadi pada bangunan stasiun ini sejak dulu hingga sekarang, terutama bagian façade yang sampai saat ini masih terawatt dengan baik. Stasiun Tawang ini merupakan tetengger yang penting bagi kawasan Kota Lama dan pada masa lalu terdapat hubungan antara stasiun ini dengan Gereja Protestan (Blenduk). Sehingga stasiun ini memiliki peranan yang penting dalam pembentukan citra kawasan untuk menambah nilai.

Detil dalam stasiun ini juga memiliki nilai pengaruh dan sejarah dari arsitektur Indische yang sangat kuat dan juga di gabungkan dengan unsur lokal. Info Stasiun Semarang ini juga erat kaitannya dengan sejarahnya yang ditujukan sebagai pengganti stasiun Tambak Sari di Pengapon dengan J.P. de Bordes sebagai perancangnya.

Arsitektur dari Stasiun Semarang Tawang ini juga memiliki unsure kekriyaan yang ditampilkan dalam detil yang bermotif dan berwarna dan masih tetap di pertahankan hingga saat ini. Sedangkan arsitektur pada tipe bangunannya seperti ruang kantor juga masih terjaga dengan baik. Jika dilihat dari landscape kota, bangunan pada stasiun ini terlihat unik karena menggabungkan unsur dari ke khasan arsitektur Indische yang memiliki bahan serta elemen dinding yang bermotif dan unsure lokal dari budaya setempat. Berikut adalah hal penting mengenai info Stasiun Semarang :

Info Stasiun Semarang Tawang SMT

  • Alamat: Jl. Taman Tawang No. 1 Semarang

  • Nomor Telepon: 024 3544544, 3511072, 3582859 Contact Center KA juga bisa melalui panggilan 121 (telepon rumah) dan 021 121 (telepon genggam)

  • Layanan 24 jam: Reservasi – Informasi – Keluhan – Saran.

Untuk reservasi tiket kereta api online silahkan gunakan mesin pencari tiket kereta di halaman depan website ini

 

Postingan Yang Menarik Lainnya :

Leave a Reply