Cara Cetak Tiket Kereta Api Mandiri

 Mencetak tiket kereta api harus anda lakukan setelah melakukkan pembelian tiket. Karena apa yang didapat waktu pembelian bukanlah tiket kereta api. Ini tidak bisa dipakai untuk naik kereta api. Yang didapat adalah struk atau bukti pembelian. Dari sini tertera kode booking. Untuk diketahui kode booking tidak harus berupa struk. Bisa juga berupa email, bila anda beli tiket kereta api online. Atau bisa juga lewat SMS, bila anda beli jarak jauh.

Intinya anda harus tahu kode booking tiketnya. bila sudah ditangan saatnya bawa ini ke stasiun untuk ditukarkan dengan tiket asli. Anda bisa lakukan di loket yang telah disediakan. Untuk beberapa stasiun besar online, PT KAI menyediakan mesin cetak khusus. Jadi anda bisa cetak sendiri tiketnya. Mesin ini biasa disebut CTM ; Cetak Tiket Mandiri.

Lalu bagaimana cara pakai mesin cetak mandiri ini ? terbilang mudah dan tidak repot. Begini langkah-langkahnya.

 

Cara mencetak tiket kereta api melalui CTM : Mesin Cetak Tiket Mandiri.

  1. Catat Kode Booking pembelian tiket kereta api anda.
  2. Datang ke mesin CTM di stasiun besar terdekat, atau bisa juga di tempat yang menyediakan.
  3. Lihat pada  layar komputer ada kolom pengisian kode booking
  4. Anda tinggal  isikan dengan cara mengetik kode booking, lalu klik tombol Cari (Search).
  5. Jika kode yang anda ketikkan benar, segera  muncul informasi tiket yang berisi data, meliputi: nama penumpang, nama kereta api, tanggal perjalanan.
  6. Cek dan ricek. Apa benar tiket itu sesuai dengan data anda
  7. Sudah benar semua ? Cetak tiket kereta api dengan menekan tombol Cetak (Print).
  8. Tiket akan keluar dari mesin cetak, anda bisa mengambil tiket kereta yang sudah tercetak tersebut untuk dipakai naik kereta api.

 

Demikian tadi tata cara penyetakan tiket pada anjungan cetak tiket mandiri. Apabila anda mengalami kesulitan dalam melakukan cetak tiket mandiri. Anda bisa minta tolong kepada petugas PT.Kereta api yang biasanya menjaga mesin. Atau ada juga petugas yang biasa berkeliling disekitar stasiun untuk ulurkan bantuan.

Anda mau naik naik kereta ? bawa tiket kereta api dengan kartu identitas diri saat masuk di peron. Maka anda akan segera bisa naik kereta api dengan mudah.

 

 

Share

Postingan Yang Menarik Lainnya :

Leave a Reply