Tips Menghindari Kesalahan Penulisan Data Diri di Tiket Kereta Api

Anda baru saja beli tiket kereta api, setelah dicek ternyata data diri tidak sesuai dengan kartu pengenal anda. Seperti nama kurang dua huruf, harusnya Ch tapi tertulis Kh, nomor KTP tidak tertulis semua. Atau malah nama belakang tertukar dengan yang lain saat booking banyak orang. Kesalahan ini sering sekali terjadi. Terlihat pada halaman Pertanyaan dan Kontak Kami yang begitu banyak penumpang menanyakan hal ini.

Mencegah lebih baik daripada mengobati, ini juga berlaku saat cari dan beli tiket kereta api. Baik online maupun offline anda sebagai konsumen harusnya berhati-hati dan teliti. Karena sesuai peraturan PT KAI terbaru, data dan nama harus sesuai dengan Kartu Identitas diri. Hal ini tidak diikuti, resikonya anda tidak bisa naik kereta api. Bahkan masuk ke Stasiun saja belum tentu bisa. Biasanya Pemeriksaan bermula pada peron stasiun pemberangkatan.

Berikut tips menghindari kesalahan penulisan data diri di tiket kereta api :
1.Pastikan Kartu Identitas Anda Masih Berlaku
Ini mungkin hal sepele, tapi setiap kartu identitas punya masa berlaku sendiri-sendiri, ada yang pertahun, 3, 5 tahun dan seterusnya. Bisa saja anda mau pakai Kartu Mahasiswa, tapi 1 bulan kedepan anda sudah diwisuda. Sementara naik kereta baru 2,5 bulan kedepan. Utamanya bila anda melakukan perjalanan naik kereta diwaktu yang akan datang pengecekan sangat perlu dilakukan. Jangan sampai pada saat tiba kartu sudah tidak berlaku lagi. Kartu mau berakhir ? segera ganti dengan yang baru.

2.Bawa Kartu Identitas Saat Beli
Kartu identitas sebuah barang wajib yang dibawa kemana anda pergi, tapi kadang anda tidak lakukan ini dengan berbagai sebab. Pastikan bahwa kartu terbawa  saat booking tiket kereta. Bila anda beli lewat agen tiket, serahkan ini kepada petugas. Jika anda takut kehilangan, bisa gunakan foto kopi.

3.Hindari Menulis Data Penumpang Secara Manual
Kejadiannya begini. Anda mau beli tiket kereta api dengan beberapa teman atau keluarga. Karena tidak mau repot, nama dan nomor ktp anda tulis pada secarik kertas. Satu hal yang lumrah terjadi. Tapi dengan melakukan ini angka kesalahan akan meningkat.

  • Dari sisi anda sendiri, bisa terjadi kesalahan penulisan saat memindahkan data dari kartu tiap orang ke secarik kertas tadi.
  • Tulisan anda bisa dibaca orang lain dengan baik ? Bagaimana kalau tulisan anda seperti dokter ? dia akan sulit dicerna.
  • Saat lakukan pemeriksaan anda dan petugas tertuju pada secarik kertas itu, kalau data benar oke, jika tidak ? Anda mungkin tahu nama panggilan tiap orang, tapi nama lengkapnya, apakah hafal sampai tiap huruf ?

Solusinya Kembali ke poin nomor 2, bawa kartu identitas akan jauh lebih baik.

4.Hindari Waktu Sibuk
Saat ramai konsentrasi jadi tidak baik lagi, anda sebagai konsumen ataupun petugas akan merasakan hal ini. Jadi sebaiknya anda beli tiket kereta api saat masih sepi, seperti waktu pagi hari. Dimana pembeli masih sedikit, otak masih encer, petugas juga belum dibebani dengan segudang tugas dan tanggung jawab. Anda juga masih kebagian senyum manis mereka. Pada siang dan sore hari aktifitas akan meningkat, dan kelelahan mulai mengganggu kinerja petugas. Akibatnya kesalahan dalam penulisan data pada tiket kereta api akan lebih lebih besar terjadi.

5.Lihat Bersama Data Diri Anda
Oke anda sudah melalui 4 poin diatas, sekarang saat cari dan booking tiketnya. Dan berhasil !, anda dapat tiket promo murah. Selamat. Girang boleh, tapi tetap fokus dan konsentrasi. Babak selanjutnya periksa kinerja petugas. cek dan ricek. 4 mata lebih baik dari 2. Sebelum tiket dibooking, pastikan data yang dimasukkan sesuai dengan kartu identitas. Tanyakan pada petugas : Apakah data dan nama penumpang sudah benar ?

Ditambah periksa data dengan mata kepala sendiri, jangan percaya begitu saja : Mintalah petugas menunjukkan data diri dan nama penumpang pada anda. Caranya dengan memutar monitor ke arah anda, atau bila tidak memungkinkan mendekatlah ke arah petugas. Lihat dengan teliti, hati-hati, mulai dari atas ke bawah, pelan, lalu kiri-kanan,  jangan sampai kelewat itu belokan. Pantengin yang benar, ingat lihat data tiketnya, jangan pantengin petugasnya ! 🙂

Anda sukses dengan langkah-langkah diatas ? bisa dipastikan, kemungkinan kesalahan pengisian data diri di tiket kereta api akan sangat kecil terjadi. Perjalanan naik kereta akan berjalan sesuai rencana, indah, nyaman, bahagia senang luar biasa.

Share

Postingan Yang Menarik Lainnya :

One Response

  1. angga putra 18 September, 2015 Reply

Leave a Reply