Penyebab Langkanya Tiket Kereta Api Mudik

Penyebab Langkanya Tiket Kereta Api MudikKelangkaan tiket kereta api menjelang mudik lebaran sudah menjadi pemandangan biasa setiap tahunnya. Hal ini selalu dikeluhkan oleh masyarakat terutama mereka yang terpaksa harus batal bertemu dengan sanak saudara karena tidak kebagian tiket kereta api. Masalah yang sama muncul setiap tahun tentu ada penyebabnya.

Berikut ini adalah beberapa penyebab kelangkaan tiket kereta di musim mudik tahun 2014 ini. Yang pertama, jumlah peminat masih sangat tinggi.

Direktur Utama KAI Ignasius Jonan memaparkan bahwa website resmi KAI selalu kebanjiran pengunjung saat musim lebaran tiba, bahkan mencapai 10 juta hit perhari. Angka itu melonjak tajam dibandingkan hari-hari biasa yang hanya berkisar 1,2 juta hit.

Tanggal keberangkatan favorit mayoritas penumpang adalah H-3 hingga H-1. Hal ini mungkin disebabkan karena masyarakat masih memiliki banyak kesibukan menjelang lebaran dan harus kembali segera setelah lebaran. Tingginya permintaan tidak diimbangi dengan jumlah tiket. Tiket kereta api cepat habis karena terbatasnya jumlah tiket yang dikeluarkan. Instansi terkait tidak bisa begitu saja mengeluarkan banyak tiket untuk menampung semua penumpang.

Ada banyak aspek yang perlu diperhatikan. Armada yang terbatas merupakan satu kendala yang menyebabkan kuota tiket tidak bisa diperbanyak. Untuk hari-hari biasa mungkin jumlah ini masih cukup, namun saat akan lebaran, jumlah peminat naik sehingga semuanya harus berebutan mendapatkan tiket. Sebagai gambaran, jumlah tiket / tempat duduk yang disediakan setiap hari untuk perjalanan antar kota di area Sumatera dan Jawa adalah berkisar 200.000. Jumlah ini tidak sebanding dengan jumlah masyarakat yang hendak melakukan mudik.

Sumber masalah lainnya adalah soal pembayaran tiket terutama bagi mereka yang melakukan pemesanan online. Seringkali calon penumpang terkendala masalah transfer saat mereka ingin membayar tiket yang telah dipesan.

Penyebabnya kembali lagi ke poin pertama. Animo masyarakat terlalu tinggi, sehingga tidak hanya tiket saja yang langka, namun server juga bisa terganggu karena begitu banyak orang melakukan pemesanan dalam waktu yang bersamaan. Jika anda tidak ingin direpotkan oleh semua masalah ini, maka sebaiknya pesan tiket jauh-jauh hari sebelum orang mulai disibukkan dengan hingar bingar perayaan lebaran.

Memesan tiket satu atau 2 bulan sebelum hari H sebaiknya dilakukan untuk menghindari kelangkaan tiket dan antrean panjang di loket stasiun. Itu tadi beberapa penyebab kelangkaan tiket kereta api menjelang lebaran

Postingan Yang Menarik Lainnya :

2 Comments

  1. martin 15 Juli, 2014 Reply
    • admin 16 Juli, 2014 Reply

Leave a Reply