2 Kereta Api Tambahan Untuk Lebaran 2014

2 Kereta Api Tambahan Untuk Lebaran 2014PT Kereta Api Indonesia (KAI) mulai mengoperasikan dua rangkaian baru kereta api (KA) untuk memperkuat armada mudik lebaran tahun ini. Kedua KA tersebut yaitu KA Menoreh Lebaran dan KA Sawunggalih Lebaran.

“Penambahan kereta baru ini mulai dioperasikan pada Jumat, 18 Juli lalu. Kereta api ini untuk tambahan lebaran,” ujar Direktur Utama KAI Ignasius Jonan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Minggu (20/7/2014).

Dia menjelaskan, untuk rute KA Menoreh Lebaran yaitu Pasar Senen-Cirebon Prujakan-Tanjung-Tegal-Pemalang-Pekalongan-Weleri-Semarang Tawang. Sedangkan rute untuk KA Sawunggalih Lebaran yaitu Pasar Senen-Jatibarang-Cirebon-Purwokerto-Kroya-Karanganyar-Kutoarjo.

Jonan juga mengungkapkan, usai lebaran kedua rangkaian KA buatan PT Inka tersebut rencananya akan menggantikan satu rangkaian kereta yang sudah tidak layak untuk dioperasikan.

“Setelah lebaran akan menggantikan satu rangkaian yang paling jelek sekarang. Kalau menurut saya yang paling jelek itu mungkin kereta Tanah Abang-Rangkasbitung,” katanya.

Dia menyatakan, untuk mudik lebaran tahun ini, KAI telah menambah tempat duduk penumpang sebanyak 25 ribu per hari dengan jumlah total 250 perjalanan per hari. “Itu tidak hanya dari Jakarta saja, tetapi dari mana-mana. Jadi kalau hari biasa paling 160 ribu sit, sekarang 220 ribu-250 ribu sit,” lanjutnya.

Sedangkan dari untuk keberangkatan Jakarta saja, tiap harinya ada sekitar 60-70 keberangkatan dengan rute-rute arah timur Pulau Jawa. “Jumlah keberangkatan sehari 60-70 kereta dari Jakarta ke arah timur, itu tidak termasuk Jakarta-Bandung-Cirebon yang jaraknya pendek-pendek,” tandasnya – See more at: http://bisnis.liputan6.com/read/2080751/pt-kai-resmi-operasikan-dua-kereta-tambahan-mudik-lebaran#sthash.1KRdWHAz.dpuf

 

Sumber

Postingan Yang Menarik Lainnya :

Leave a Reply